Belajar Wirausaha

Silahkan copy & paste kode banner di dalam box untuk di pasang di website atau ke Blog sobat :)

Hati-Hati Menerima Pembayaran Dengan Cek

Sekedar Sharing, mengapa saya memberi judul Hati-Hati Menerima Pembayaran Dengan Cek , mungkin karena saya tidak mau para pengusaha merugi dengan ulah segelintir orang yang memiliki profesi sebagai penipu,apalagi pengusaha yang memiliki modal terbatas seperti saya. Cukup saya yang merasa sakit hati. Jujur saja, saat saya dirugikan saya benar-benar merasa sakit hati karena ketika saya sudah memberikan kepercayaan terhadap orang, tetapi orang itu malah menyalahgunakan kepercayaan saya dengan memberikan kerugian terhadap saya. Heheh...sedikit curhat tak apalah, karena bagi saya, curhat adalah suatu jalan untuk melepaskan sedikit beban dalam hati..

Okey,,,langsung aja ke pokok pembahasan tentang "Penipuan dengan Menggunakan Cek". saya akan tulis kronologinya.

Tanggal 04 Maret 2013, "ada orang yang bernama Ahmad dengan menggunakan mobil Sedan warna hitam datang ke Toko saya untuk membeli Televisi tabung 21" Merek Polytron, orang itu tidak memberikan kecurigaan sedikitpun karena dia sempat melakukan tawar menawar dan deal dengan harga Rp 1.150.000,-, kemudian setelah tawar menawar dia sempat menceritakan bahwa Televisi itu dia beli untuk hadiah kepada Karyawannya. Dan kebetulan saya juga bekerja sama dengan pihak Leasing, hingga saya masih ingat betul percakapan antara sales dan si Ahmad yang ditawari untuk kredit. Berikut percakapannya :
Sales : "Pak, ini brosur buat Bapak, barang kali aja Bapak mau Kredit.."
Ahmad : "Oh,ya.. syaratnya kalau boleh tau, apa ya...??
Sales : "Syaratnya cukup photocopy ktp sama slip gaji/sku...
Ahmad : "Aduh, kalau saya gak punya slip gaji, tapi saya menggajih orang.."
dengan nyeletuknya saya bilang "Ohh.. itu lebih bagus pak, namanya pengusaha biasanya cepat ACC.."
eh,,si Ahmad malah senyum-senyum..kemudian setelah selesai membayar si Ahmad langsung pulang..

Tanggal 10 Maret 2013, " Jum'at sore si Pak Ahmad datang lagi dengan mobil avanza hitam, seperti biasa dia mulai menawar barang berupa Televisi Toshiba LCD 24", Lemari Es Polytron PR-18, dan dispenser ARISA 3 keran, kali ini dia tidak langsung membeli tapi dia bilang mau dipikir dulu sambil memberikan kartu nama.

Tanggal 11 Maret 2013, " Si Pak Ahmad Telepon, "katanya barang yang kemarin jadi saya beli tapi tolong anterin ke alamat yang ada pada kartu nama yang dia kasih kemarin dan pembayarannya di alamat tersebut". Kemudian barang saya antar ke alamat tersebut dan setelah sampai si Pak Ahmad bilang "aduh saya kebetulan gak punya uang cash, saya bayar pake cek Mandiri gimana," karena saya kelewat udah percaya sama dia akhirnya saya terima Ceknya, dan karena hari Sabtu dan udah sore, saya tidak bisa langsung mencairkan cek itu..

Tanggal 13 Maret 2013, Saya datang ke Bank Mandiri dengan maksud untuk mencairkan Cek, tapi naas saat pegawai Bank Mandiri bilang "Maaf pak, Rekeningnya udah Close. Bapak silahkan konfirmasi lagi sama yang ngasih ceknya". Pada saat itu saya langsung tersadar bahwa saya sudah ditipu dan ketika saya cek ke alamat pengiriman barang si Pak Ahmad sudah menghilang dan ternyata dia orang baru yang ngontrak rumah beserta toko baru 2 minggu dan saat itu juga saya bertemu dengan 2 orang yang tertipu juga yaitu satu orang toko furniture dengan kerugian 6.500.000 dan satu lagi toko besi sekitar 4.500.000 dan saya sendiri rugi sebesar 3.850.000 

berikut gambaran ceknya.

Itu merupakan pengalaman pertama saya ditipu orang,mudah-mudahan anda yang membaca blog saya tidak mengalaminya, karena pepatah bilang "Experience is The Best Teacher, Pengalaman adalah Guru yang paling Baik. Jadi hati-hatilah dengan Cek apalagi kalau ngasih pas hari Sabtu.kalau mau diterima cobalah telepon dulu call center bank-nya agar tau rekeningnya aktif atau enggak...Terima kasih semoga bermanfaat....!!! Oh,,ya kalau agan-agan ketemu sama orangnya dan tau rekeningnya udah close,,Hajar Aja, sambil bilang salam hangat dari pemilik Sinar Jakarta Putra yang ada di Garut...

Related Post

Previous
Next Post »

Popular Post